Monday 15 December 2014

TUGAS 2 - ETIKA PROFESI AKUNTANSI

TUGAS 2 - ETIKA PROFESI AKUNTANSI 

DESKRIPSI DIRI
Saya dilahirkan di Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan nama Winda Kusnia Rohmah. Dari orang tua yang berasal dari Jakarta dan Jawa Tengah. Saat ini saya berusia 21 tahun dan sedang menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi Swasta pada tingkat akhir di jurusan Akuntansi. Selama berkuliah di tempat ini, saya mendapatkan berbagai macam pelajaran yang bersifat edukatif serta etika yang terlahir dengan sendirinya seiring bertambahnya pengalaman serta tanggung jawab.Saya cenderung sangat optimis pada hal-hal yang saya sukai, contohnya pada mata kuliah yang sangat saya gemari yakni Perpajakan, saya sangat maksimal mengerjakan setiap tugas yang diberikan hingga membuat saya sukses pada mata kuliah tersebut, tidak sebatas itu, saya juga mencoba menggeluti Perpajakan dengan lebih rinci melalui keikutsertaan saya dalam Laboratorium Perpajakan Universitas Gunadarma. Saya mengerahkan seluruh kemampuan serta mengasah pengetahuan saya terhadap bidang Perpajakan. Sedangkan pada beberapa mata kuliah yang kurang saya sukai, saya mengalami beberapa kendala saat berhadapan dengan soal-soal yang menyangkut mata kuliah tersebut. Hal ini dikarenakan kurang maksimalnya usaha dan kemauan dalam diri untuk mencoba menjadi lebih unggul dalam mata kuliah yang kurang saya sukai. Saya juga merupakan pribadi yang sangat menyukai untuk mencoba hal-hal baru yang membuka pemikiran saya. Contohnya beberapa bulan lalu saya dan beberapa teman membuka usaha snack seafood and beverages di lingkungan komplek dekat rumah kami. Semingu setelahnya memang belum menunjukan hasil, tetapi beberapa minggu berikutnya usaha kami mulai banyak dikenal orang dari informasi beberapa teman yang menjadi narasumber dari produk kami. Hal tersebut mendatangkan keuntungan bagi produk yang kami tawarkan.  Sebelum memasuki masa kuliah, saya bersekolah di sebuah SMK di daerah Bekasi. Disana saya mendapatkan beberapa pengalaman, salah satunya adalah melaui Praktek Kerja Industri (Prakerin). Saya magang selama 3 bulan di sebuah Industri garment sebagai staf pembantu Ekspor Impor (EXIM). Pengalaman tersebut membuat saya lebih terlatih dalam pekerjaan sebagai seorang staf serta membuka wawasan dan wacana untuk rencana kedepan.




ANALISIS SWOT
Ø  Strength
Kekuatan dalam diri saya terletak dalam kemauan saya untuk mencoba hal-hal baru seperti sebuah usaha kecil yang dibangun bersama kerabat serta peran serta yang maksimal dalam berbagai bidang yang saya geluti dan terus mengasah kemampuan pada bidang yang saya sukai dan sedang saya pelajari saat ini.
Ø  Weakness
Kelemahan saya terlihat dari usaha saya yang kurang maksimal dalam beberapa bidang yang kurang saya sukai. Hal tersebut menjadi kelemahan yang saya sadari benar karena hal tersebut tidak menimbulkan kepuasan yang saya rasakan. Saya cenderung lebih optimal menggeluti hal-hal hanya pada yang saya sukai.
Ø  Opportunity
Peluang yang bisa saya rasakan berasal dari organisasi yang mana saya berperan didalamnya, yakni Laboratorium Perpajakan. Beberapa peluang bisa saya rasakan diantaranya saya memiliki beberapa teman baru untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan, disamping itu beberapa senior yang sudah lebih dahulu mempelajari Perpajakan dapat memberi pengetahuan dan informasi terbaru kepada saya dan teman-teman lain.
Ø  Threat

Ancaman terbesar yang dapat terjadi adalah kegagalan pada beberapa mata kuliah yang saya ambil. Salah satunya yang telah saya rasakan adalah mata kuliah Akuntansi Manajemen dimana saya sangat tidak puas akan hasil yang saya dapatkan pada hasil akhir ujian. Hal tersebut dikarenakan usaha yang kurang maksimal untuk memperoleh nilai terbaik. Yang menjadi salah satu kelemahan pada diri saya sendiri adalah kurang maksimalnya usaha dan kerjakeras saya pada mata kuliah tersebut.

No comments:

Post a Comment