Thursday 27 December 2012

DIALOGUE



Dialogue
                Sabtu pagi di minggu kedua setiap bulannya Miss. Hera selalu membuat diskusi bersama dengan perkumpulan ketua RT di Komplek Jati Karya, pembahasan rutin tidak teralu jauh mengenai pendapatan dan pengeluaran dana kas setiap bulannya yang terkadang tidak menentu, kadang meningkat, kadang juga menurun. Miss. Hera selalu ketua pengembangan kegiatan PKK sekaligus mahasiswi yang sedang melanjutkan studi nya setara Magister ini pun tidak segan berbagi ilmunya kepada para anggota PKK yang tergabung melalui setiap perencanaannya di organisasi tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kali ini Miss. Hera ingin melakukan terobosan baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dibawah naungan organisasi yang mempercayakan dirinya untuk menaungi segala kegiatan yang dilakukan oleh organisasi tersebut guna mensejahterakan masyarakat yaitu dengan membuka suatu koperasi mini di komplek tersebut.
Miss. Hera           : baiklah ibu – ibu, diskusi kali ini saya ingin membuat suatu langkah yang menurut saya cukup besar dengan melibatkan seluruh anggota organisasi kita, saya harap rencana ini tidak memberatkan para anggota.
Bu Hadi                 : rencana apa itu Miss?
Miss. Hera           : organisasi kita akan membangun sebuah koperasi mini dekat taman Dwi Ayu RT 009/010,. Bagaimana, apakah terdenger menarik bagi para anggota?
Bu Racman          : tetapi komplek kita kan sudah pernah dibangun sebuah koperasi dibawah naungan PT. Agung Utama selaku pemilik komplek ini, tetapi tak lama kemudian koperasi itu tutup tanpa alasan yang jelas.
Miss. Hera           : kalau boleh saya tahu, koperasi tersebut melayani masyarakatnya melalui kgiatan apa saja, Bu?
Bu Rachman       : hanya pembelian sembako yang dapat dicicil setiap bulannya, itu saja Miss.
Miss. Hera           : *tertawa kecil, kalau hanya itu tentu saja pelayanan yang diberikan, tentu saja banyak masyarakat yang akan beralih ke pedagang sembako lainnya, karna warung atau agen sembako saat ini sudah banyak yang melakukan sistem kredit atau cicil untuk konsumennya Bu, maka itu saya akan merancang beberapa pelayanan yang akan membuat masyarakat tertarik pada koperasi yang akan kita bangun.
Bu Arum              : nah, pelayanan apa saja Miss. yang akan ditawarkan oleh koperasi kita?
Miss. Hera           : simpanan dan pinjaman Bu, contohnya simpanan pokok yang mana simpanan tersebut merupakan simpanan para anggota pada awal pembentukkan koperasi dan simpanan wajib setiap bulannya ada pula yang namanya pinjaman, salah satunya Pinjaman Angsuran Harian yang mana para anggota dapat meminjam dana yang dapat dibayarkan dengan mengangsur per harinya. Dan kita juga akan membentuk semacam asuransi bagi anggota yang tidak mampu mengembalikan pinjamannya apabila meninggal dunia, sehingga tidak membebankan hutangnya kepada ahli warisnya dengan membentuk Dana Perlindungan Bersama (DAPERMA).
Bu Arum              : wah komplit sekali ya Miss.  Saya juga sebagai masyarakat merasa sangat tertarik dengan pelayanan – pelayanan yang disebutkan oleh Miss. Hera tadi, karna dapat meringankan beban masyarakan apabila sewaktu – waktu memerlukan pinjaman dana.
Anggota lain saling berkomentar dan menyetujui rencana yang dibuat oleh Miss. Hera tersebut. Ternyata dengan diberadakannya sebuah koperasi dapat membantu meringankan beban masyarakat dan turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu janganlah ragu untuk bergabung dan menjadi salah satu yang membuktikan berbagai manfaat yang dihasilkan dari sebuah layanan yang ditawarkan oleh koperasi J.

No comments:

Post a Comment