Saturday 31 March 2012

Tulisan 2 - Korean Fever


KOREAN FEVER

            Indonesia sedang dilanda sebuah demam, bukan penyakit tentunya, bukan juga musibah. Ini adalah demam Korea, dimana semua lapisan masyarakat dari semua umur (tentunya bukan untuk yang sudah memasuki usia paruh baya dst) hehe, hampir 70% remaja Indonesia saat ini terkena demam Korea. Dari segi musik, drama dan segala macam yang berkaitan dengan Korea sedang menjadi perbincangan hangat diseekitar masyarakat saat ini.
            Baiklah mari kita bahas dari yang paling memiliki pengaruh terbesar untuk Indonesia. Musik. Musik adalah media yang paling dapat menarik animo dan paling mudah dalam rangka mensugesti orang – orang untuk menarik perhatiannya untuk masuk ke dalam musik tersebut (persuasif). Mungkin agan sekalian sudah tidak asing lagi ketika mendengar kata “K – POP” atau Korean – POP. K – POP sendiri adalah musik asal Korea Selatan yang mana ditandai dengan performa para personilnya yang bermusik dalam ruang lingkup aliran pop. Mungkin tidak jauh berbeda dengan dunia pop negara – negara lain, tetapi Korea memiliki sebuah gebrakan yang mana hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap industri musik negara tersebut ataupun dunia. Boy band and Girl band. Sekelompok Pria atau Wanita yang beranggotakan dua atau lebih orang yang bernyanyi beregu sesuai dengan kelompok suara masing – masing yang dipadukan untuk melantunkan lagu – lagu yang indah. Ditambah lagi dengan gayanya yang nyentrik dan aksi panggung yang luar biasa yang dapat menjamu penglihatan kita dengan tarian (dance) dari para personilnya. Tidak hanya itu, nilai plusnya ada lagi nih gan, yaitu penampilan fisik para personilnya yang memnjakan mata kita nih gan buat yang cewek – cewek, personil boy band Korea tuh ga kalah ganteng sama aktor – aktor hollywood loh dan yang buat cowok – cowok, personil girl band Korea juga ga kalah cantik dan seksi dari aktris Hollywood. Yeaaaah.  Itulah gebrakan mereka yang dapat membuat industri musik mereka memuncak. Kini siapa yang tak kenal dengan Super Junior, 2PM, Shinee, Big Bang atau SNSD, After School dan lainnya. Boy band and Girl band ini sudah tidak asing lagi di kancah musik Internasional. Mereka sudah banyak melakukan konser di berbagai negara mengingat betapa berpengaruhnya perkembangan musik mereka yang dapat membuat masyarakat dunia terhipnotis dengan performa apik mereka. Dari situlah yang membuat Indonesia melakukan gebrakan yang sama seperti Korea. Musisi Indonesia banyak yang mendatangkan artis – artis baru yang kemudian mereka padukan dalam sebuah kelompok bernyanyi. Kalau kita perhatikan sekarang, tidaklah sulit untuk mencari musisi Indonesia yang menampilkan performa seperti musisi – musisi Korea tersebut. Hampir di setiap stasiun televisi menampilkan banyak Boy and Girl Band dalam setiap acaranya. Terlihat sangatlah besar pengaruh Boy and Girl Band Korea tersebut di negara kita.
            Yang kedua yang menjadi pembahasan ane berikutnya adalah dari segi Drama. Drama Korea tentu tidak kalah menjamurnya dari K – POP di Indonesia. Dramanya yang mengisahkan cerita percintaan kehidupan remaja dapat dengan mudah menarik animo para remaja khususnya untuk menikmati sajian cerita yang dapat merubah suasana hati para penikmatnya. Ceritanya yang ringan, singkat dan padat dapat dengan mudah dimengerti oleh masyarakat. Ditambah lagi cerita yang ditampilkan kebanyakan adalah realita kehidupan remaja saat ini. Umm tentu saja drama – drama Korea ini laris di Indonesia dan menjadi kesukaan bagi penikmat drama itu sendiri. Yap satu lagi yang paling berpengaruh dalam perkembangan drama Korea di Indonesia ini. Para pemeran drama tersebut yang memiliki wajah tampan dan cantik. Wajah Asia yang manis dan Oriental tersebut menarik perhatian masyarakat untuk mengetahuinya dan mencoba menyukai drama yang diperankannya. Berikut beberapa drama Korea terlaris yang pernah ditayangkan di stasiun televisi di Indonesia :
(Boys Before Flower, 2008) ( Lee Min Ho, Kim Hyun Joon )
(Coffee Prince, 2007) ( Lee Sun Gyun, Gong Yoo )
(Endless Love, 2000) ( Song Seun Hun, Song Hye Kyo )
(Full House, 2004) ( Rain Bi, Song Hye Kyo )
            Nah sekian nih gan pembahasan dari ane, oh iya kalo ane sendiri sih bukan termasuk penikmat musik Korea, tapi untu drama nya ane acungi jempol deh buat Korean Drama. Soalnye nih gan, ane naksir berat tuh sama salah satu aktor Korea yang ganteng dan berbakat itu, doi bernama Lee Sun Gyun. Buat pembahasan ini ane ga ceritain tentang doi, tapi kapan – kapan pasti ane ceritain waelah hahaha. Sekali lagi nih gan jadilah penikmat musik dan drama yang baik. Semua musik dan drama tersebut dapat mengubah suasana hati kita, tergantung dari segi apa kita menilainya. Semua memiliki nilai positif ko, bagaimana caranya kita menanggapinya. Go go go buat musik dan drama di dunia!!


           

No comments:

Post a Comment